Untuk yang memiliki lahan yang luas, mungkin ikan hias bisa di tempatkan di kolam ikan. Semakin luas kolam maka akan semakin baik untuk tumbuh kembang ikan. Namun, tidak semua orang memiliki lahan yang luas. Bagi yang tinggal di perkotaan, biasanya lahan yang di miliki juga terbatas. Namun, bagi yang memiliki lahan terbatas jangan bersedih hati. Kita masih bisa memelihara ikan hias di media yang lain seperti di aquarium misalnya.

(Silahkan Baca : Kolam Ikan Mas Koki)


Dimensi

Perhatikan ukuran sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk memilih aquarium. Bila Anda ingin memelihara ikan yang kecil dengan jumlah yang sedikit, Anda bisa memilih aquarium dengan ukuran yang kecil. Namun, bila jumlah ikan yang ingin Anda tempatkan itu banyak, maka ukuran aquarium juga harus lebih besar menyesuaikan dengan jumlah dan ukuran ikan.  Untuk ikan yang lebih besar juga harus di perhatikan ukuran aquarium yang akan Anda gunakan mengigat ikan besar akan lebih banyak mengeluarkan kotoran bila di bandingkan dengan ikan yang kecil. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai Anda terus membeli ikan di saat aquarium sudah penuh dengan ikan. Ingat, semakin banyak ikan maka akan semakin ikan tidak nyaman dan tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kesehatan ikan juga bisa terganggu bila isi ikan terlalu banyak.

Air

Agar ikan bisa hidup, tentu saja aquarium harus di isi dengan air. Yang perlu di perhatikan adalah, isi aquarium dengan air yang jernih dan bebas dari zat-zat yang berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian pada ikan. Air yang bersih biasanya tampilannya jernih, tidak berbau dan tidak putih atau tidak keruh. Meskipun tidak semua air yang mempunyai ciri-ciri tersebut merupakan air yang baik, paling tidak kita harus memilih air dengan tampilan seperti itu. Sedangkan untuk air yang sehat, kita bisa menggunakan air pdam atau air sumur yang sudah terbukti aman dan tidak beracun seperti yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Perlengkapan Aquarium

Untuk bisa hidup dengan baik, maka aquarium juga harus di lengkapi dengan perlengkapan yang lain. Salah satunya adalah aerator. Alat yang di pasang di aquarium untuk bisa memunculkan gelembung udara ke dalam air di aquarium di sebut dengan aerator. Bagi ikan-ikan yang tidak membutuhkan oksigen dalam jumlah besar, maka aerator mungkin tidak begitu penting. Apalagi bila jumlah ikan yang di pelihara sedikit atau berukuran kecil sehingga aquarium masih longgar. Namun, bagi ikan yang membutuhkan oksigen dalam jumlah banyak, maka aerator sangat penting keberadaanya. Seperti misalnya, ikan mas koki yang wajib di beri aerator bila di pelihara dalam aquarium atau ikan yang dalam jumlah banyak yang di tempatkan di aquarium yang sempit.




Aquarium yang di isi ikan mas koki


Perlengkapan yang lain yang tidak kalah pentingnya adalah filter air. Biasanya, filter air ini jadi satu dengan aerator.  Buat yang suka memelihara ikan hias di aquarium, mungkin sudah banyak yang tahu akan pompa air yang di gunakan untuk memompa air ke atas untuk akhirnya airnya bisa di saring. Biasanya, pompa seperti ini juga terdapat aerator yang mengeluarkan gelembung udara ke dalam aquarium. Pada bagian atas aquarium, biasanya terdapat wadah khusus untuk tempat penyaringan air. Terdiri dari busa atau serat untuk bisa menyaring air dari pompa air.

Hiasan Dan Tanaman
Untuk memperindah tampilan aquarium, kita juga bisa menambahkan tanaman di dalam aquarium. Untuk tanaman kita bisa memilih yang juga bisa menambah keindahan aquarium kita dan tidak mengganggu ikan. Selain itu, penambahan pasir atau bebatuan di dasar aquarium juga bisa kita lakukan agar aquarium tampak lebih indah dan alami.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top